Senin, 09 Januari 2017

Kasih Sayang

Bulan Februari merupakan bulan kasih sayang. Tanggal 14 Februari diperingati hari Valentine atau dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai hari Kasih Sayang. 



Pengertian Kasih Sayang

Kasih sayang adalah suatu sikap saling menghormati dan mengasihi semua ciptaan Tuhan baik mahluk hidup maupun benda mati seperti menyayangi diri sendiri sendiri berlandaskan hati nurani yang luhur. Kita sebagai warga negara yang baik sudah sepatutnya untuk terus memupuk rasa kasih sayang terhadap orang lain tanpa membedakan saudara , suku, ras, golongan, warna kulit, kedudukan sosial, jenis kelamin, dan tua atau muda.




Makna Kasih Sayang

Makna Kasih Sayang adalah rasa yang didamba setiap insan di dunia, kasih sayang seorang ibu kepada anaknya, sebaliknya kasih sayang seorang anak kepada Orang Tuanya. Kasih sayang akan muncul ketika ada perasaan simpatik dan iba dari dalam diri kepada yang dikasihi, namun kemunculan kasih sayang sangat alamiah dan tidak bisa dibuat-buat atau direkayasa. Setiap insan ingin dirinya disayangi, maka sayangilah orang lain juga. karna dengan merasakan sayang itu setiap insan dapat merasakan kebahagian yang hakiki. apabila sifat sayang mulai luntur dan sifat dendam, kebenciannya lebih besar maka akan menjanjikan kehancuran kepada sesuatu bangsa atau masyarakat. 

Kasih Sayang Dalam Keluarga

Kasih sayang adalah faktor yang cukup penting dalam kehidupan anak, kasih sayang tidak akan dirasakan oleh si anak apabila dalam kehidupannya mengalami hal-hal sebagai berikut :Kehilangan pemeliharaan orang tuanya, Anak merasa tidak diperhatikan, dan kurang disayangi. Orang tua terlalu ambisius dan otoriter, Orang tua yang mempunyai sikap yang berlawanan.

Dampak Negatif Dari Kasih Sayang Yang Berlebihan:

1. Akan tumbuh sikap yang ingin selalu diperlakukan secara istimewa. Ketika hidup di tengah-tengah masyarakat, anak ingin semua orang memperlakukan dirinya seperti orang tuanya dulu melayani dirinya. Manusia seperti itu akan mudah putus asa kalau keinginannya tidak ada yang memperhatikan dan tidak memperoleh simpati dari orang lain.
2. Anak-anak yang selalu dimanja akan mengalami masalah dalam kehidupan rumah tangganya
3. Anak-anak yang selalu dimanja akan menjadi anak yang sangat rentan dengan masalah, kehilangan kepercayaan diri, tidak berani mengambil resiko, dan selalu mengharapkan bantuan dari orang lain.
4. Anak-anak tidak mau lagi mengembangkan diri karena merasa cukup dengan apa yang diterimanya. Orang tuanya telah memenuhi segala keinginannya, pujian dan segalanya menjadi gambaran semu dirinya.
5. Anak-anak yang selalu dimanjakan dengan segala kesenangan, kelak jika sudah besar akan tumbuh menjadi manusia yang sombong dan suka memaksakan kehendak.

Kasih sayang akan berdampak positif apabila dilakukan secara seimbang.


Kasih Sayang Dalam Kehidupan Bertetangga

Nilai yang paling pokok harus dimiliki oleh disetiap anggota oleh suatu kelompok masyarakat adalah adanya rasa memiliki satu sama lainnya, rasa saling mencintai serta rasa saling keterikatan akan menjadikan rasa sadar bahwa kehidupannya akan selalu saling memperhatikan dan tepo seliro serta tidak akan mementingkan diri sendiri. Organisasi kemasyarakatan mempunyai corak yang bermacam-macam dalam mengembangkan segi sosial dari kehidupan pemuda. Melalui organisasi pemuda berkembanglah kesadaran nasional, kecakapan-kecakapan didalam pergaulan dengan sesama kawan dan sikap yang tepat didalam hubungan antar manusia. Organisasi kewaspadaan seperti Pramuka, PMR, Karang Taruna, dan sebagainya, dapat menumbuhkan sikap dan prilaku kasih sayang sesama anggota.

Kasih Sayang Dalam Pendidikan

Pendidik sebagai sumber pengetahuan, kasih sayang orang tua sampai kapan pun harus tetap ada karena anak-anak sangat membutuhkannya. Dalam proses pendidikan yaitu adanya transformasi pengetahuan sikap memberi dan melarang seharusnya dilakukan dengan hati-hati terhadap peserta didik. Pengetahuan dapat merubah sikap dan perilaku peserta didik. Dapat berubah positif apabila pengetahuan yang diterima peserta didik sesuai dengan masanya dan sebaliknya apabila tidak sesuai maka akan membentuk perilaku peserta didik yang negatif. Oleh karena itu, seorang pendidik harus memahami bahwa dalam mentransfer pengetahuan harus didasari dengan kasih sayang.


Kesimpulan

kasih sayang itu bukan hanya untuk keluarga,kekasih,sahabat dan tuhan kasih sayang biasa di berikah kepada setiap manusia yang ada di mukabumi ini tak terkecuali untuk siapapun bahkan tak mengenal dari golongan mau itu kaya atou pula golongan miskin. Jadi kasih sayang adalah milik semua orang. Maka oleh sebab itu sayangilah seorang yang di sekitar kita sebelum terlambat,sebelum orang yang kita sayangi meninggalkan kita, yang paling penting adalah sayangilah kedua orang tua kita karena sebab mereka pula kita di lahirkan di dunia ini dan mereka pula lah yang membesarkan kita dari kecil hingga sebesar sekarang ini.


Terima kasih telah membaca dan sayangilah semua orang :D









Sumber:
http://robiyanto-maknahidup.blogspot.co.id/2012/03/pengertian-kasih-sayang.html
http://desispectryani.blogspot.co.id/2012/04/arti-kasih-sayang-dalam-hidup.html
http://justsharenad.blogspot.co.id/2013/07/pedagogik-kasih-sayang-dalam.html

0 komentar:

Posting Komentar

 

Welcome To Agnes Amadea's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design