Kamis, 03 November 2016

Bahasa Inggris Bahasa International


Mengapa ya bahasa inggris disebut sebagai bahasa international? ~Kita lihat sedikit cuplikan tentang bahasa inggris berikut ini.~
  • Pengertian Bahasa Inggris 

Bahasa Inggris atau English adalah bahasa Jermanik yang pertama kali dituturkan di Inggris pada Abad Pertengahan Awal dan saat ini merupakan bahasa yang paling umum digunakan di seluruh dunia. Bahasa Inggris dituturkan sebagai bahasa pertama oleh mayoritas penduduk di berbagai negara, termasuk Britania RayaIrlandiaAmerika SerikatKanadaAustraliaSelandia Baru, dan sejumlah negara-negara Karibia; serta menjadi bahasa resmi di hampir 60 negara berdaulat. Bahasa Inggris adalah bahasa ibu ketiga yang paling banyak dituturkan di seluruh dunia, setelah bahasa Mandarin dan bahasa SpanyolBahasa Inggris juga digunakan sebagai bahasa kedua dan bahasa resmi oleh Uni EropaNegara Persemakmuran, dan Perserikatan Bangsa-Bangsa, serta beragam organisasi lainnya.

  • Sejarah & Perkembangan Bahasa Inggris

Perkembangan bahasa Inggris dibagi menjadi tiga masa, yaitu:
– Bahasa Inggris Kuno atau bahasa Anglo-Saxon, 700 – 1066
– Bahasa Inggris Tengahan, antara 1066 – 1500
– Bahasa Inggris Baru, mulai dari abad ke 16
Tiga periode utama secara umum dikenali dalam sejarah perkembangan bahasa Inggris. Bahasa Inggris Tua (Old English), diketahui terbentuk sebagai Anglo-Saxon, tertanggali mulai Th 449 M hingga Th 1066 atau Th 1100 M. Bahasa Inggris Pertengahan (Middle English) ditenggarai mulai Th 1066 atau Th 1100 hingga Th 1450 atau Th 1500.
Bahasa Inggris Modern (Modern English) ditanggali dari sekitar Th 1450 atau Th 1500 dan disub-bagikan ke dalam Bahasa Inggris Modern Awal (Early Modern English), dari sekitar Th 1500 hingga Th 1660, dan bahasa Inggris Akhir (Late Modern English), dari sekitar Th 1660 hingga saat sekarang ini.

  • Kosa Kata Bahasa Inggris


Kosa kata bahasa Inggris telah mengalami peningkatan selama lebih dari 1500 tahun 
perkembangannya. Kamus bahasa Inggris yang hampir mendekati lengkap, Oxford English Dictionary (edisi kedua, 20 edisi, 1989), memuat lebih dari 600.000 kata, termasuk ungkapan-ungkapan yang sudah kuno dan pengucapan-pengucapan yang bermacam-macam. 

Kosakata bahasa Inggris lebih meluas dibanding kosa kata bahasa lain di dunia, namun demikian beberapa bahasa – bahasa Cina, misalnya – memiliki sebuah kapasitas penyusunan kata yang serupa dengan bahasa Inggris.


Secara luas, penyerapan terus menerus dari setiap bahasa pokok, khususnya dari bahasa Latin, bahasa Yunani, dan beberapa bahasa Skandinavia, serta dari banyak bahasa-bahasa tak terkenal, memperbanyak kata-kata dalam kosa kata bahasa Inggris. Selain itu, banyak proses telah menjadikan penciptaan banyak kata-kata baru sebagaimana penetapan pola-pola baru untuk perkembangan lebih lanjut.
Di antara proses ini adalah onomatopoeia, atau peniruan suara-suara alam, seperti terbentuknya kata burp (sendawa) dan clink (menyentuhkan dua ujung gelas); affiksasi, atau penambahan prefiks dan suffiks, salah satunya seperti mis- dan –ness, atau menyerap seperti ex- dan –ist; kombinasi bagian-bagian kata, seperti dalam brunch, membentuk beberapa bagian dari breakfast dan lunch; bentuk bebas dari percampuran, seperti bonehead dan down pour; bentuk awal kembali (back formation), atau pembentukan kata dari kata yang telah ada terlebih dulu, bentuk-bentuk yang mendorong terbentuknya kata-kata terakhir, yang diambil dari bentuk terdahulu – contohnya, to jell, dibentuk dari jelly; dan perubahan fungsional, atau penggunaan dari salah satu bentuk ungkapan sebagai satu kata yang dianggap kata lainnya, misalnya, kata benda showerdigunakan sebagai kata kerja, to shower.
Proses-proses tersebut yang mungkin telah menambahkan banyak sekali kata adalah affiksasi dan khususnya perubahan fungsional, yang difasilitasi oleh keanehan struktur kebahasaan yang dimiliki bahasa Inggris.

  • Pengucapan Dalam Bahasa Inggris



Bahasa Inggris dianggap memiliki salah satu sistem pengejaan yang paling sulit di dunia. Gambaran tertulis dari bahasa Inggris adalah tidak jelas secara penulisan huruf karena dua alasan.Yang pertama, pengucapan kata-kata telah berubah mendekati sedikit meluas dari bunyinya, sebagai contoh, huruf K dalam knife dan gh dalam right adalah pada zaman dahulu diucapkan (lihat Periode Pertengahan Bahasa Inggris di bawah ini).
Kedua, beberapa kaidah pengejaan yang sudah pasti diambil dari beberapa sumber asing yang telah dilanggengkan, misalnya, selama abad ke-16, lafal b disertakan dalam doubt(dulunya dieja doute) pada kata ungkapan authority of dubitare, sumber latin dari kata tersebut.
Contoh paling menonjol dari ketidaksesuaian antara pengejaan dan pengucapan adalah enam pengucapan yang berbeda-beda dari ough, sebagaimana dalam bough, cough, thorough, thought, through, dan rough; pengejaannya dihindarkan dari saat ketika gh mewakilli sebuah konsonan desis balik yang diucapkan dalam kata-kata ini.
Ketidak sesuaian yang nyata lainnya adalah empat belas pengejaan yang berbeda dari bunyi sh, seperti dalam anxious, fission, fuchsia, dan ocean.

  • Bahasa Masa Depan
Saat ini, penggunaan bahasa inggris bukan digunakan sebagai penghubung bahasa komunikasi antar negara saja, tapi juga sudah mulai merambah ke berbagai bidang lain, contohnya media massa. Pada jaman yang telah modern ini, telah banyak media massa yang menggunakan bahasa inggris dalam mempublikasikan berita serta hal-hal unik lainnya. Untuk itulah sebagai bangsa yang ingin maju, kita juga harus sanggup berbicara dalam bahasa inggris agar jika suatu hari diperlukan, kita akan dengan mudah menngerti apa yang ingin disampaikan dunia



SEMOGA BERMANFAAT YA SOBAT :D 










Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Inggris
https://masbadar.com/bahasa-inggris-definisi-dan-sejarahnya/
http://speakout.palcomtech.com/apa-itu-bahasa-inggris/

0 komentar:

Posting Komentar

 

Welcome To Agnes Amadea's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design